5 Tips Sukses Agar Usaha Franchise Cepat Berkembang

  5 Tips Sukses Agar Usaha Franchise Cepat Berkembang

 5 Tips Sukses Agar Usaha Franchise Cepat BerkembangTahu kan yang namanya bisnis franchise? Itu lho, kayak Franchise Indonesia Pasata Kangen, Kebab Turki Baba Rafi, Ayam Gepuk Pak Gembus, atau Ayam Sabana.

Intinya, bisnis franchise atau waralaba adalah metode usaha dengan hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchisee).

Sebagai franchisee, kamu hanya perlu membeli lisensi kerja sama dan menjual produk si pemilik waralaba murah selama periode kontrak yang disepakati. Nanti, supply peralatan, bahan masakan, sampai pekerja, bakal disediakan sama pemilik waralaba.

Kedengarannya gampang dan simpel kan? Risikonya pun gak sebesar kalau bikin bisnis sendiri dari nol.

Meski begitu, kalau kamu tertarik menjalankan usaha ini, ada beberapa tips dan strategi jitu yang bisa kamu terapkan supaya bisnis waralabamu cepat berkembang. Berikut di antaranya:

1. Jangan Ragu Buat Tambah Unit / Upgrade Pake Usaha

Karena sudah memiliki sistem yang jelas dan terarah, gak dibutuhin waktu lama untuk mengetahui apakah bisnis waralaba sukses atau gagal.

Saat bisnis terlihat lancar dan maju, kini saatnya kamu mengembangkan bisnis dan menambah unit untuk memperluasnya. Terlebih lagi, kebanyakan franchisor menawarkan harga yang lebih rendah untuk tambahan unit baru. Sebab, kamu dianggap sudah memahami sistem dan gak membutuhkan banyak support.

2. Bantu Pemilik Brand Waralaba untuk Tumbuh

Bisa dibilang, kamu dan franchisor merupakan satu tim. Artinya, kesuksesanmu juga bakal mendukung berkembangnya brand waralaba si franchisor.

Dengan begitu, perlu dibentuk hubungan dan jalinan kerja sama yang bersifat win-win. Cuma dengan cara ini, kamu bakal melihat bahwa seluruh pihak (franchisor, franchisee, konsumen, karyawan) merasakan dampak positifnya dari bisnismu.

3. Pelajari Soal Bisnis Waralaba

Sebelum memutuskan untuk membeli bisnis waralaba tertentu, jangan malas buat riset dan mempelajari soal seluk-beluk bisnis ini.

Gak cuma soal memilih brand mana yang paling cocok, tapi juga bagaimana strategi dan potensi bisnis waralaba di Indonesia. Emang mau, setelah beli terus bisnis franchise-mu langsung gulung tikar karena kamu salah perhitungan?

4. Jadi bagian dari Owner’s Advisory Committee (OAC)

Mayoritas bisnis waralaba memiliki Owner’s Advisory Committee atau council yang biasa disingkat OAC. Tujuannya, untuk menciptakan sarana komunikasi yang baik bagi pihak franchisor dan tim, serta komunitas waralabanya.

Berpartisipasi dalam OAC bukan hanya memberikan informasi-informasi penting yang berharga buatmu. Suara kamu juga bakal didengar, sehingga kamu bisa memberikan masukan yang mampu mengubah arah perusahaan.

5. Manfaatkan peluang untuk memimpin

Setelah menjalankan bisnis waralaba murah atau franchise murah beberapa lama, kamu akan memperoleh peluang kepemimpinan dalam bisnis tersebut.

Di antaranya, training, mentorship, hingga menjadi pembicara atau pelatih dalam event perusahaan dan korporasi. Kesempatan ini bisa jadi ajang buatmu mengembangkan diri, dan otomatis mendekatkanmu dengan kesuksesan.